MASTER CLASS MADANI FILM FESTIVAL

MASTER CLASS WITH AIDA BEGIC

“Migration & Displacement: Presenting Muslim Stories in Film”



Madani Film Festival akan menghadirkan sebuah Master Class sebagai salah satu rangkaian acara. Master Class ini akan diisi oleh Aida Begic, Ekky Imanjaya, dan Noor Huda Ismail. Master Class ini akan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu materi filmmaking, materi kajian, dan screening film.


Materi filmmaking akan diisi oleh Aida Begic. Aida adalah seorang sutradara film dan screenwriter asal Bosnia. Wanita lulusan penyutradaraan di Sarajevo Academy of Performing Arts ini telah banyak mendapatkan perhatian dunia lewat karya-karya filmnya. Aida terkenal sebagai sineas yang selalu memiliki keberanian untuk menghadapi dan memasukkan isu-isu penting dan kontroversial dalam film-filmnya, di saat lingkungan sekitar justru enggan untuk mengangkat isu-isu tersebut. Film-filmnya banyak berfokus pada perjuangan wanita serta anak-anak yatim piatu selama perang, tentang rasa sakit, trauma, pentingnya harapan, dan tentang keyakinan.

Aida Begic

Beberapa film karya Aida Begic.

Sesi selanjutnya, yaitu materi kajian, akan mengangkat tema ‘Migration & Displacement: Presenting Muslim Stories in Film’. Dalam sesi ini, akan dibahas isu dalam dunia Islam yang saat ini sedang mengalami perubahan peta karena konflik dan globalisasi. Perang sipil dan genosida yang terjadi di beberapa negara menyebabkan gelombang pengungsi muslim ke berbagai penjuru dunia. Hal ini memunculkan berbagai masalah budaya yang pelik. Identitas muslim menjadi semakin cair, dan perasaan kehilangan tempat menandai identitas muslim di berbagai dunia. Sesi ini akan diisi oleh Ekky Imanjaya dan Noor Huda Ismail.



Ekky Imanjaya adalah seorang kritikus film. Ekky juga merupakan anggota fakultas di School of Film, Bina Nusantara University. Ia baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Program Studi Film, University of East Anglia, UK. Ekky telah menulis beberapa buku, termasuk salah satunya ‘A to Z about Indonesian Film’, dan juga menulis beberapa artikel mengenai film, pop culture, filsafat, dan isu-isu berkaitan dengan Islam.

Ekky Imanjaya

Noor Huda Ismail sendiri adalah sutradara dari film ‘Jihad Selfie’ dan ‘Pengantin’ (2018). Ia juga merupakan pemerhati terorisme dan pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian, yang berfokus pada perdamaian dan konflik, kekerasan politik, terorisme dan kejahatan transnasional. Noor Huda Ismail baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di program studi Politik dan Hubungan Internasional, Monash University. Film karyanya akan ditayangkan dalam sesi akhir Master Class Madani Film Festival.

Noor Huda Ismail

Master Class ini akan diadakan pada 19 Oktober 2018 di Universitas Bina Nusantara, Kampus JWC, Senayan, Jakarta. Segera daftarkan dirimu dengan mengakses tautan berikut bit.ly/MasterClassAidaBegic.





Comments

Popular posts from this blog

AIDA BEGIĆ: SOSOK PEREMPUAN DIBALIK FILM

RESTORASI: MENYULAP FILM LAMA MENJADI BARU